Berikut ini Banyak Manfaat Buah Durian Untuk di Konsumsi

Berikut ini Banyak Manfaat Buah Durian Untuk di Konsumsi

Berikut ini Banyak Manfaat Buah Durian Untuk di Konsumsi – Disebut juga “Raja Buah” (Bahasa Indonesia: Raja Buah), buah ini merupakan tanaman tropis dari Asia Tenggara. Durian disebut “raja buah-buahan” oleh ahli botani Alfred Russel Wallace.

Buku Java Paper: The History and Culture of Southern Nation (2015) karya Masatoshi Iguchi menggambarkan ekspedisi VOC dari Batavia ke wilayah Bogor pada tahun 1678. Dalam ekspedisi ini banyak ditemukan pohon durian yang tumbuh di wilayah Bogor. Jawa barat

Dalam sejarah durian, durian diketahui berasal dari daerah Kalimantan dan Sumatera.Di Asia Selatan, durian telah dibudidayakan selama berabad-abad. Durian telah diperdagangkan di seluruh Myanmar selama 400 tahun.

Saat ini durian ditanam di Thailand dan Vietnam bagian selatan. Selain rasanya yang pahit, durian juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Makan buah durian

Penelitian menunjukkan bahwa durian kaya akan nutrisi.Menurut Joint States Division of Horticulture, 100 gram durian mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 147 kkal energi
  • 1,47 gram protein
  • Kalori 27,09 gram
  • 3,8 gram serat
  • Hingga 6 mg kalsium
  • Hingga 436 mg potasium
  • Vitamin C 19,7mg
  • Riboflavin akan menjadi 0.2mg
  • Rendah asam folat, 36 gram

Sedangkan mineral pada buah durian adalah zat besi, kalsium, fosfor dan seng.

Manfaat buah durian bagi kesehatan

Durian dikenal sebagai buah yang sangat harum. Meski tidak semua orang menyukai buah ini, namun durian memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda.

Durian merupakan buah yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral. Oleh karena itu, durian dikenal sebagai salah satu buah yang digunakan dalam pengobatan tradisional.Buah ini diketahui mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang membantu mengatasi masalah pencernaan, penyakit jantung dan masih banyak lagi.

Satu buah durian memiliki berat sekitar 602 gram dan merupakan sumber energi yang baik. 100 gram buah durian menghasilkan energi sebesar 147 Kkal, yaitu 7% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Sekitar 44 senyawa aktif ditemukan pada durian karena aromanya yang kuat. Namun senyawa ini juga memiliki manfaat kesehatan.

1. Baik untuk pencernaan

Manfaat buah durian bagi kesehatan yang utama adalah buahnya baik untuk kesehatan pencernaan. Karena kandungan serat pada buah aromatik ini dapat melancarkan buang air besar, mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan tubuh manusia.

Sebuah studi di jurnal Supplements menemukan bahwa serat durian merangsang gerak peristaltik. Ini membantu memperlancar proses pencernaan di usus dan mengatasi masalah seperti kembung, perut kembung, sesak napas, dan kerusakan gigi.

2. Mencegah penyakit jantung

Anda mungkin ingin mempertimbangkan efek buah durian terhadap kesehatan jantung, karena durian mengandung senyawa organosulfur yang dapat mengatur enzim inflamasi.

Senyawa organosulfur sendiri merupakan senyawa organik yang mengandung belerang, senyawa ini sering dikaitkan dengan bau, terutama bau tengik.

Serat durian juga diketahui dapat mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan jumlah kolesterol dalam darah dan mengeluarkan kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Baca Juga : Sejarah Awal Mesin Slot Di Dunia Dan Cara Bermainnya

3. Mencegah penyakit kencing manis

Buah durian diketahui mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat buah durian bagi kesehatan karena sifat biologis buahnya yang mampu menstabilkan gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam durian membantu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab diabetes.

Penelitian lain menunjukkan bahwa durian memiliki indeks glikemik yang rendah dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Mengontrol tekanan darah

periksa tekanan darah Anda

Manfaat buah durian untuk kesehatan lainnya adalah dipercaya mampu mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa durian merupakan sumber potasium terbaik bagi tubuh.

Sebuah studi di Harvard Medical School menemukan bahwa kadar potasium dalam tubuh penting untuk fungsi otot. Magnesium melemaskan dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan mencegah kejang otot. Dengan kata lain, meningkatkan asupan kalium dalam tubuh dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit serius seperti stroke.

5. Anti selip

Selain rasanya yang nikmat dan manfaatnya bagi kesehatan, durian juga mempunyai banyak manfaat yang indah. Penelitian menunjukkan bahwa buah durian kaya akan vitamin C.

Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh dan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.Maka tak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan vitamin C sebagai bahan utamanya.

Selain vitamin C, durian banyak mengandung antioksidan. Sebuah penelitian menemukan bahwa antioksidan dapat mencegah dan mengurangi banyak tanda penuaan kulit, termasuk garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan.

6. Pencegahan penyakit kanker

Manfaat buah durian juga penting untuk kesehatan tubuh, sayang jika dilewatkan.Mengonsumsi vitamin durian dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

Zat polifenol yang terdapat pada buah durian mampu menghambat pertumbuhan kanker dan membunuh sel kanker dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nourishments menemukan bahwa durian dapat mencegah dan melindungi terhadap kanker payudara.

Antioksidan dalam durian berperan penting dalam mencegah kanker pada manusia.

7.Pengobatan seksualitas

Menurut Klinik Cleveland, disfungsi seksual merupakan masalah yang terjadi pada fase reaksi, sulitnya seorang individu atau pasangan mencapai kepuasan seksual.

Penelitian menunjukkan bahwa meskipun masalah ini umum terjadi, 43% wanita dan 31% pria mengatakan bahwa berbicara adalah hal yang buruk dan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Durian mengandung afrodisiak, zat yang meningkatkan gairah seksual. Namun, meski durian telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan kesuburan, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Baca Juga : Berikut Sejarah Awal Berdirinya Permainan Judi Bola Dunia 

8. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah durian untuk kesehatan tulang didasarkan pada kandungan nutrisinya. Durian merupakan buah yang kaya akan potasium dan magnesium yang menjaga kesehatan tulang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan kalium yang tinggi meningkatkan kepadatan tulang pada wanita dan pria di atas 50 tahun.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dalam tubuh meningkatkan risiko osteoporosis.

9. Mencegah anemia

Anemia adalah suatu kondisi medis yang menyebabkan tubuh merasa lelah dan lemah akibat kurangnya sel darah merah sehat yang membawa cukup oksigen ke jaringan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa jika tubuh manusia tidak mengonsumsi asam folat, jumlah sel darah merah dalam tubuh akan berkurang.

Hal ini dibuktikan dengan banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kekurangan zat besi tidak memiliki cukup asam folat dalam tubuhnya.

Kandungan asam folat pada durian tidak kalah dengan manfaat buah durian untuk kesehatan darah.

10. Hentikan insomnia

Khasiat durian untuk insomnia Bagi sebagian orang, kurang tidur mempengaruhi kinerja dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama ketika ada jadwal sibuk keesokan harinya.

Masalah tidur atau kurang tidur bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain depresi, stres, perubahan suasana hati, dan efek samping obat-obatan tertentu. Buah durian mengandung zat yang dapat menghilangkan gangguan tidur yaitu asam amino triptofan.

Banyaknya triptofan dalam Durian meningkatkan serotonin di otak sehingga menyebabkan euforia atau euforia.Hal inilah yang membuat orang menjadi tenang dan mudah tidur.

11. Mencegah depresi

Ternyata, buah durian juga mempunyai manfaat untuk kesehatan mental.

Seperti yang telah disebutkan di atas, durian mengandung asam amino triptofan yang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Serotonin bisa dikatakan sebagai hormon penstabil suasana hati. Hal inilah yang membuat kita percaya bahwa serotonin dapat mencegah depresi dan mengendalikan kecemasan serta masalah psikologis lainnya.

12. Jaga kesehatan kulit Anda.

Manfaat buah durian selanjutnya adalah baik untuk kulit. Durian memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan kebanyakan buah jeruk. Itu berarti 11,6 mg vitamin C per porsi (dua biji durian ukuran sedang).

Vitamin C merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi munculnya dan munculnya kerutan. Faktor lingkungan seperti asap rokok dan paparan cahaya terang dapat merusak kulit.

13. Menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut.

Manfaat buah durian lainnya adalah menjaga kelembapan kulit. Produk ini mengandung flavonoid yang membantu regenerasi sel kulit mati, menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.

Bunda bisa memanfaatkan daging buah durian kuning matang sebagai bahan masker wajah sebelum tidur.Menggunakan masker wajah durian 2-3 kali seminggu akan membantu Anda memiliki kulit kencang dan sehat.

14. Mencerahkan kulit

Manfaat buah durian lainnya adalah kejernihan kulitnya. Kulit bersinar merupakan dambaan banyak wanita Indonesia. Salah satu buah yang membantu memutihkan kulit adalah durian.Karena durian mengandung vitamin C sehingga dapat mencerahkan kulit.